kali ini, saya akan membuat sebuah objek dengan software Blender. Disini saya akan
membuat dan menjelaskan cara membuat animasi bendera berkibar. Berikut tutorialnya:
·
Pada mulanya, terdapat kubus pada lembar
kerja blender, kemudian kita hapus kubus tersebut, dengan
cara select kubus tekan X pilih delete.
·
kemudian buat objek baru berupa plane, dengan cara tekan Shift+A => Mesh => Plane. Akan tampak objek seperti dibawah
ini.
·
Kemudian kita rotasi plane tersebut kepada sumbu Y 90 derajat. Dengan cara tekan R untuk
Rotasi dan Y
untuk sumbu Y dan tekan
pada numpad angka 90 untuk mendapatkan posisi 90 derajat. Atur ukuran plane tersebut untuk
mendapatkan bentuk yang sesuai dengan bendera. Sehingga taampak seperti gambar
dibawah ini.
·
Selanjutnya Tambahkan segmen
pada bendera dengan cara tekan
TAB untuk masuk ke edit mode dan
tekan
ctrl + R untuk menambahkan R(garis potong),
tambahkan edge secara horizontal dan vertikal dengan cara scrool mouse anda.
Dan sesuaikan agar masing-masing kolom dan baris jumlahnya sama.
Maka plane tersebut akan tampak seperti gambar dibawah ini..
·
Langkah selanjutnya tekan A untuk deselect
disini saya akan seleksi vertaks yang dipojok untuk diikat ketiang, caranya Tekan B untuk Box Selection pada ujung Kiri
atas, tengah, dan bawah vertex. Masuk ke tab Object data dan Vertex Grup kemudian tekan tanda + dan isi namanya dengan “ikat” enter dan klik Assign, jika kita klik
assign artinya vertex yang tadi diseleksi sudah di cocokan dengan nama
vertex grup yang telah dibuat. Maka seperti ini hasilnya.
·
Setelah kita membuat fungsi untuk
mengikat benderanya. Selanjutnya kita warnai bendera tersebut. Caranya adalah
dengan mengganti material pada objek. Petama gunakan seleksi face, karena dari
tadi yang kita gunakan adalah seleksi vertex, tekan ctrl + TAB kemudian pilh
face. Karena disini saya membuat bendera perancis, maka yang saya seleksi
adalah bagian paling kiri dulu dengan mengisi warna biru, caranya tekan B, pastikan viewnya tepat. Masuk ke tab Material dan tekan
tanda ”+”, kemudian Pilih new material
dan ganti nama material
menjadi biru untuk
menamakan warnanya, sehingga jika diperlukan lagi nama tinggal kita panggil
saja. selanjutnya pada bagian diffuse color pilih warna biru sehingga sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengurangi efek kilap, bisa dikurangi intensitas
pada diffuse dan klik
assign artinya teraplikasi pada face yang diseleksi. Berikut ini adalah gambaran setelah saya menentukan
warna yang di perlukan.
·
Setelah warna bendera sudah sesuai
dengan yang kita inginkan, kemudian saya akan menambahkan efek angin. Caranya
adalah non
aktifkan object dengan
cara tekan A, ganti edit mode
menjadi object mode. Buat objek
baru, tekan Shift+A pilih Force
field dan pilih Wind seperti
gambar dibawah ini.
·
Setalah menambahkan objek angin,
kemudian saya akan mengatur agar angin tersebut mengarah pada bendera dan
anginya akan bertiup kearah bendera. Caranya rotasikan angin
tersebut
searah sumbu X, tekan R untuk rotasi dan X untuk sumbu X dan -90 derajat agar posisiny sesuai menghadap ke bendera.
Pastikan
objek angin dekat dan searah dengan bendera. Masuk
tab Pyhsic ubah strengh menjadi 300 dan ubah noice menjadi 10. Bisa anda lihat
posisi angin yang berada di samping bendera pada gambar dibawah ini.
·
Langkah selanjutnya
adalah Beri efek cloth
pada kain dengan cara select bendera dan tab pyhsic cloth kemudian beri
tanda checklist pada pinning dan pada
kolom di bawah pinning isikan menjadi “ikat” yaitu fungsi yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pada
bagian cloth collision beri
tanda checklist pada self collision agar tidak ada kain yang tembus.
Besar angin bisa juga diperbesar sesuai dengan keinginan,
begitu pula dengan kekuatan angin pada strengh.
·
aktifkan objek bendera dengan cara seleksi bendera,
kemudian pilih disebelah kiri terdapat smooth untuk shading, sehingga saat dijalankan tidak ada
lagi face yang terlihatdan gerak bendera terlihat lembut.
· silahkan dicoba animasinya, jika sudah
berhasil selanjutnya untuk mempercantik bendera tersebut saya akan menambahkan
tiang untuk benderanya.caranya adalah dengan menambahkan objek baru yaitu
cylinder. Tekan Shift+A pilih Mash dan pilih Silinder.
Scale sesiuai selera hingga kecil menyerupai bentuk tiang. Kemudain
scale untuk sumbu Z, agat tiang dapat memanjang mengikuti sumbu Z. Disini
saya juga memabahkan alas dengan menggunakan plane. Sehinggan akan tampak
terlihat seperti lantai, caranya tidak berbeda jauh dengan sebelumnya yaitu
dengan menggunakan fungsi scale untuk mengatur ukaran dan bentuk dan
menggunakan fungsi material untuk mewarnai. Sehingga jika sudah selesai
kira-kira hasilnya akan seperti ini.
·
Dan ini adalah hasil keseluruhan dari objek
bendera yang saya buat.
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar