Jumat, 10 Januari 2014

Membuat Animasi Bendera Berkibar Dengan Software Blender

kali ini, saya akan membuat sebuah  objek dengan software Blender. Disini saya akan membuat dan menjelaskan cara membuat animasi bendera berkibar. Berikut tutorialnya:
·         Pada mulanya, terdapat kubus pada lembar kerja blender, kemudian kita hapus kubus tersebut, dengan cara select kubus  tekan X pilih delete.


·         kemudian buat objek baru berupa plane, dengan cara tekan Shift+A => Mesh => Plane. Akan tampak objek seperti dibawah ini.



·         Kemudian kita rotasi plane tersebut kepada sumbu Y 90 derajat. Dengan cara tekan R untuk Rotasi dan Y untuk sumbu Y  dan tekan pada numpad angka 90 untuk mendapatkan posisi 90 derajat. Atur ukuran plane tersebut untuk mendapatkan bentuk yang sesuai dengan bendera. Sehingga taampak seperti gambar dibawah ini.



·         Selanjutnya Tambahkan segmen pada bendera dengan cara  tekan TAB untuk masuk ke edit mode dan  tekan ctrl + R untuk menambahkan R(garis potong), tambahkan edge secara horizontal dan vertikal dengan cara scrool mouse anda. Dan sesuaikan agar masing-masing kolom dan baris jumlahnya sama. Maka plane tersebut akan tampak seperti gambar dibawah ini..


·         Langkah selanjutnya tekan A untuk deselect disini saya akan seleksi vertaks yang dipojok untuk diikat ketiang, caranya Tekan B untuk Box Selection pada ujung Kiri atas, tengah, dan bawah vertex. Masuk ke tab Object data dan Vertex Grup kemudian  tekan tanda + dan  isi namanya dengan “ikat” enter dan klik Assign, jika kita klik assign artinya vertex yang tadi diseleksi sudah di cocokan dengan nama vertex grup yang telah dibuat. Maka seperti ini hasilnya.


·         Setelah kita membuat fungsi untuk mengikat benderanya. Selanjutnya kita warnai bendera tersebut. Caranya adalah dengan mengganti material pada objek. Petama gunakan seleksi face, karena dari tadi yang kita gunakan adalah seleksi vertex, tekan ctrl + TAB kemudian pilh face. Karena disini saya membuat bendera perancis, maka yang saya seleksi adalah bagian paling kiri dulu dengan mengisi warna biru, caranya tekan B, pastikan viewnya tepat. Masuk ke tab Material dan tekan tanda ”+”, kemudian  Pilih new material dan ganti nama material menjadi biru untuk menamakan warnanya, sehingga jika diperlukan lagi nama tinggal kita panggil saja. selanjutnya pada bagian diffuse color pilih warna biru sehingga sesuai dengan yang diinginkan. Untuk mengurangi efek kilap, bisa dikurangi intensitas pada diffuse dan klik assign artinya teraplikasi pada face yang diseleksi. Berikut ini adalah gambaran setelah saya menentukan warna yang di perlukan.


·         Setelah warna bendera sudah sesuai dengan yang kita inginkan, kemudian saya akan menambahkan efek angin. Caranya adalah non aktifkan object dengan cara tekan A, ganti edit mode menjadi object mode. Buat objek baru, tekan Shift+A  pilih Force field dan pilih  Wind seperti gambar dibawah ini.


·         Setalah menambahkan objek angin, kemudian saya akan mengatur agar angin tersebut mengarah pada bendera dan anginya akan bertiup kearah bendera.  Caranya rotasikan angin tersebut searah sumbu X, tekan R untuk rotasi dan X untuk sumbu X dan  -90 derajat agar posisiny sesuai menghadap ke bendera. Pastikan objek angin dekat dan searah dengan bendera. Masuk tab Pyhsic ubah strengh menjadi 300 dan ubah noice menjadi 10. Bisa anda lihat posisi angin yang berada di samping bendera pada gambar dibawah ini.


  ·         Langkah selanjutnya adalah Beri efek cloth pada kain dengan cara select bendera dan tab    pyhsic cloth kemudian beri tanda checklist pada pinning dan pada kolom di bawah pinning isikan menjadi “ikat” yaitu fungsi yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pada bagian cloth collision  beri tanda checklist pada self collision agar tidak ada kain yang tembus. Besar angin bisa juga diperbesar sesuai dengan keinginan, begitu pula dengan kekuatan angin pada strengh.


·         aktifkan objek bendera dengan cara seleksi bendera, kemudian pilih disebelah kiri terdapat smooth untuk shading, sehingga saat dijalankan tidak ada lagi face yang terlihatdan gerak bendera terlihat lembut.


 ·        silahkan dicoba animasinya, jika sudah berhasil selanjutnya untuk mempercantik bendera tersebut saya akan menambahkan tiang untuk benderanya.caranya adalah dengan menambahkan objek baru yaitu cylinder. Tekan  Shift+A pilih Mash dan pilih Silinder. Scale sesiuai selera hingga kecil menyerupai bentuk tiang. Kemudain scale untuk sumbu Z, agat tiang dapat memanjang mengikuti sumbu Z. Disini saya juga memabahkan alas dengan menggunakan plane. Sehinggan akan tampak terlihat seperti lantai, caranya tidak berbeda jauh dengan sebelumnya yaitu dengan menggunakan fungsi scale untuk mengatur ukaran dan bentuk dan menggunakan fungsi material untuk mewarnai. Sehingga jika sudah selesai kira-kira hasilnya akan seperti ini.


         ·         Dan ini adalah hasil keseluruhan dari objek bendera yang saya buat.


sumber :
        



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut