Minggu, 05 Januari 2014

Cara Membuat Meja Sederhana Dengan Software Blender

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat sebuah Meja dengan menggunakan Aplikasi Blender yang telah saya dapat cara pembuatannya melalui praktikum Lab Ti yang telah saya ikuti sebelumnya.

  • Pertama-tama, untuk membuat mejanya pastinya membutuhkan aplikasi blender tentunya yang harus install terlebih dahulu. Setelah di install, maka jalankan aplikasi tersebut. Tampilan pertama setelah merunning program tersebut terlihat bahwa sudah tersedianya sebuah bangun balok 3D.
  • Karena saya memulai semuanya dari awal, maka hapus bangun balok tersebut dengan menggunakan tombol Delete yang terdapat pada keyboard kita, atau menggunakan kombinasi keybord yaitu Shift + X.
  • Setelah objek/ model balok tersebut  dihapus, maka untuk membuat sebuah objek baru dapat menklik Menu main toolbar Add (yang berada disebelah kanan Menu File) ,lalu pilih objek apa yang ingin dibuat. Karena disini tujuanya adalah membuat meja, maka kita membutuhkan sebuah objek berbentuk balok dari submenu Mesh (didalam Menu main toolbar Add) lalu kita pilih Cube seperti pada gambar berikut :


  • Setelah memilih cube, maka akan tampil sebuah objek berbentuk balok, dimana objek tersebut akan saya modifikasi menjadi bentuk meja. Karena meja bentuknya tipis dengan 4 kaki. Maka hal yang pertama saya lakukan adalah membuat balok itu menjadi tipis.  Caranya adalah adalah dengan menggunakan fasilitas scale pada blender. Caranya pilih objek yang akan di scale/diubah ukurannya, kemudian tekan “s” + x/y/z  gerakkan mouse untuk mengubah ukurannya, kemudian klik kiri pada mouse. Sesuaikan bentuknya hingga menjadi tipis sepeti meja pada umumnya.



  • Setelah melakukan langkah diatas, kemudian saya akan membuat garis perpotongan untuk menumbuhkan kaki mejanya. Untuk itu saya menggunakan fungsi crtl + R untuk membuat garisnya dan mengontrolnya dengan mouse. Berikut adalah garis potong yang saya buat :

   



  • Setelah bebrbentuk seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah dengan menumbuhkan hendle yang bisa diambil dari garis potong tersebut, pertama pilih mode “face ” dibawah, kemudian klik kiri salah satu sudut dari meja tersebut dan tekan shift. Pada sudut meja yang berikutnya tetap tekan tombol shift, arahkan mouse pada sudut yang lainya setelah itu klik kanan dan seterusnya.
                

  • Setelah itu langkah seanjutnya adalah menumbuhkan kakinya dari sudut-sudut yang telah dibuat tadi, caranya adalah dengan cara menekan tombol “E” dan mengeser mouse. Maka akan tumbuh objek dari yang tadi sudah ditandai. dan akanmuncul deh kakinya.
          
  •   Hasil setelah di Render : 
       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut