Cara Membuat Meja Sederhana Dengan Software Blender
Pada kesempatan kali ini saya akan
membuat sebuah Meja dengan menggunakan Aplikasi Blender yang telah saya dapat
cara pembuatannya melalui praktikum Lab Ti yang telah saya ikuti sebelumnya.
- Pertama-tama, untuk membuat mejanya pastinya membutuhkan
aplikasi blender tentunya yang harus install terlebih dahulu. Setelah di
install, maka jalankan aplikasi tersebut. Tampilan pertama setelah merunning
program tersebut terlihat bahwa sudah tersedianya sebuah bangun balok 3D.
- Karena saya memulai semuanya dari awal, maka
hapus bangun balok tersebut dengan menggunakan tombol Delete yang terdapat pada
keyboard kita, atau menggunakan kombinasi keybord yaitu Shift + X.
- Setelah objek/ model balok tersebut dihapus, maka untuk membuat sebuah objek baru
dapat menklik Menu main toolbar Add (yang berada disebelah kanan Menu File)
,lalu pilih objek apa yang ingin dibuat. Karena disini tujuanya adalah membuat
meja, maka kita membutuhkan sebuah objek berbentuk balok dari submenu Mesh
(didalam Menu main toolbar Add) lalu kita pilih Cube seperti pada gambar
berikut :
- Setelah memilih cube, maka akan tampil
sebuah objek berbentuk balok, dimana objek tersebut akan saya modifikasi
menjadi bentuk meja. Karena meja bentuknya tipis dengan 4 kaki. Maka hal yang
pertama saya lakukan adalah membuat balok itu menjadi tipis. Caranya adalah adalah dengan menggunakan
fasilitas scale pada blender. Caranya pilih objek
yang akan di scale/diubah ukurannya, kemudian tekan “s” + x/y/z gerakkan mouse
untuk mengubah ukurannya, kemudian klik kiri pada mouse. Sesuaikan
bentuknya hingga menjadi tipis sepeti meja pada umumnya.
- Setelah melakukan langkah diatas,
kemudian saya akan membuat garis perpotongan untuk menumbuhkan kaki mejanya.
Untuk itu saya menggunakan fungsi crtl + R untuk membuat garisnya dan
mengontrolnya dengan mouse. Berikut adalah garis potong yang saya buat :
- Setelah bebrbentuk seperti gambar
diatas, langkah selanjutnya adalah dengan menumbuhkan hendle yang bisa diambil
dari garis potong tersebut, pertama pilih mode “face ” dibawah, kemudian klik
kiri salah satu sudut dari meja tersebut dan tekan shift. Pada sudut meja yang
berikutnya tetap tekan tombol shift, arahkan mouse pada sudut yang lainya
setelah itu klik kanan dan seterusnya.
- Setelah itu langkah seanjutnya adalah
menumbuhkan kakinya dari sudut-sudut yang telah dibuat tadi, caranya adalah
dengan cara menekan tombol “E” dan mengeser mouse. Maka akan tumbuh objek dari
yang tadi sudah ditandai. dan akanmuncul deh kakinya.
- Hasil setelah di Render :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar