Desain Permodelan Grafik berasal
dari tiga kata yang berbeda. Dimana setiap katanya memiliki arti masing masing.
Untuk mengatahui secara keseluruhan kita bahas dahulu arti dari setiap kata
tersebut. Desain secara etimologi berasal dari beberapa serapan, yang perama
berasal dari kata Itali yaitu designo yang secara gramatikal berarti gambar dan
bermakna. Berikut beberapa arti dari kata designo :
- To make preliminary sketches of, yang artinya untuk membuat pendahuluan atau sketsa dari sesuatu yang akan di buat
- To plan and carry out,yang artinya untuk merencanakan atau mengerjakan.
- To form in the mind, maksud dari kalimat ini kurang lebih adalah untuk menuangkan sesuatu yang ada dalam pemikiran.
Desain
Pemodelan Grafik terdiri dari 3 kata yaitu desain, pemodelan, dan grafik.
Desain
Desain
atau yang sering disebut sebagai seni terapan, atau arsitektur. Desain memiliki
arti yaitu proses membuat dan menciptakan obyek baru dalam bentuk sebuah
rencana atau obyek nyata. Pengertian desain secara umum yaitu suatu pemikiran
baru yang fundamental seni dengan tidak hanya menitik-beratkan pada nilai
estetik, namun juga aspek fungsi dan latar industri secara massa, yang memang
pada realitanya pengertian desain tidak hanya digunakan dalam dunia seni rupa
saja, namun juga dalam bidang teknologi, rekayasa, dll.
Pemodelan
Pemodelan
diambil dari kata model yang artinya rencana, representasi, atau deskripsi yang
menjelaskan suatu objek, sistem, atau konsep, yang seringkali berupa
penyederhanaan atau idealisasi. Bentuknya dapat berupa model fisik (maket,
bentuk prototipe), model citra (gambar rancangan, citra komputer), atau rumusan
matematis. Dalam hal ini model dirujukkan pada representasi objek seperti :
model benda (representasi fisik suatu objek), model berskala (replika atau
purwarupa suatu objek), model 3D (representasi tiga dimensi suatu objek), model
manusia (representasi dari manusia yang dapat ditiru oleh manusia lainnya).
Grafik
Grafik
berasal dari kata grafika yang artinya segala cara pengungkapan dan perwujudan
dalam bentuk huruf, tanda, dan gambar yang diperbanyak melalui proses
percetakan guna disampaikan kepada khalayak. Contohnya adalah : foto,
gambar/drawing, Line Art, grafik, diagram, tipografi, angka, simbol, desain
geometris, peta, gambar teknik, dan lain-lain.
Secara
keseluruhan Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang
menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin.
Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis
desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda
merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang
digunakan (desain).
Dalam dunia komputer,
desain pemodelan grafis merupakan suatu teknik penciptaan suatu citra objek
dengan menggunakan sifat-sifat perangkat lunak grafis, yaitu memanipulasi
bentuk, cahaya, warna, bayangan, dan tekstur permukaan suatu objek citra.
Desain pemodelan grafis ini dapat meliputi gambar berdimensi dua maupun
berdimensi tiga. Seperti yang kita ketahui bahwa gambar berdimensi dua akan
memiliki dimensi panjang dan lebar saja misalnya bangun datar persegi.
Sedangkan gambar berdimensi tiga akan memiliki dimensi tambahan yaitu tinggi
atau kedalaman misalnya bangun ruang kubus.
Desain
grafis memiliki unsur yaitu bentuk, tekstur, garis, ruang, warna yang membentuk
prinsip-prinsip desain visual. Dimana prinsip-prinsip tersebut meliputi
keseimbangan, tekanan, proporsi, dan kesatuan yang membentuk aspek-aspek
structural komposisi yang lebih luas.
Vektor
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinar geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan koordinar geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil buatan kita tersebut.
Bitmap
Bitmap adalah representasi dari citra grafis yang terdiri daei susunan titik
yang tersimpan di memori computer. Bitmap merupakan kategori grafik kaya warna
dan tersusun dari pixel pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar
dengan resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh leih besar
juga. Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi. Semakin besar resolusi
suaru gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan ukuran filenya. Perbedaannya
dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila gambar di perbesar maka kualitas
gambar nya akan pecah. Hal ni dikarenakan bitmap terbentuk dari pixel pixel
yang memiliki warna tertentu. Semakin banyak jumlah dalam suatu gambar maka
gamabar yang dihasilkan akan semakin bagus. Beebrapa teknologi yang menggunakan
prinsip bitmap adalah salah satunya pencetakan foto digital. Sebagai contoh
kita gunakan salah satu aplikasi grafis bitmap seperti Adobe Photoshop. Pada
Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo sesuai dengan keinginan kita. Kita
bisa mengatur brightness atau pun darkness pada foto yang kita edit sehingga
hasilnya dapat sesuai dengan keinginan kita. Selain itu juga kita bisa
memperhalus gambar agar semakin indah dilihat. Itulah salah satu keunggulan
teknologi Bitmap. Contoh lain dari aplikasi bitmap adalah Microsoft Photo
Editor, Macromedia Fireworks dan lain sebagainya. Semua program tersebut
menawarkan kemudahahn dan kelengkapan fiturnya.
Beberapa
software yang digunakan dalam desain grafis yaitu :
Desktop
publishing
- Adobe Photoshop
- Adobe Illustrator
- Adobe Indesign
- Coreldraw
- GIMp
- Inkscape
- Adobe Freehand
- Adobe image ready
- CorelDraw
- Adobe Page Maker
- Adobe Dreamweaver
- Microsoft Frontpage
- Notepad
- Adobe Photoshop
- Adobe After Effect
- Adobe Premier
- Final Cut
- Adobe Flash, atau sebelumnya Macromedia Flash
- Ulead Video Studio
- Magic Movie Edit Pro
- Power Director
Rendering
3 Dimensi
- 3D StudioMax
- Maya
- AutoCad
- Google SketchUp
- Light Wave
- Blender
- Softimage
sumber referensi :
http://em3rgency-xlaws.blogspot.com/2012/10/desain-pemodelan-grafik.html


Tidak ada komentar:
Posting Komentar